Deskripsi tugas dan kegiatan pada modul
primary health care-family
No
|
Kegiatan
|
Lama Kegiatan
|
Dokumentasi
& Instrumen Penilaian
|
Wahana
Pembelajaran
|
1
|
Observasi klinik pratama
-
Mahasiswa
melakukan observasi mengenai manajemen klinik pratama secara umum termasuk pola
pembiayaan kesehatan di FKTP (kapitasi), serta kerja sama BPJS Kesehatan-PPK
1.
-
Mahasiswa
melakukan observasi dokter gigi pelayanan primer di poli gigi Klinik Pratama
|
12
hari
|
Logbook
|
Klinik Pratama
|
2
|
Pembuatan program inovatif promotive/preventif pasien komprehensif
RSGM
a.
Mahasiswa mempersiapkan pasien
komprehensif yang telah didaftarkan kepada PJ Modul
|
1 hari
|
Logbook
|
RSGM UMY
|
b.
Mahasiswa melakukan persiapan
survey dan melakukan survey kepada pasien komprehensif RSGM secara home
visit.
|
1 hari
|
Logbook, foto kegiatan, lembar survei, informed
consent, dan portofolio
|
Tempat tinggal pasien
|
c.
Mahasiswa melakukan identifikasi permasalahan kesehatan gigi dan mulut pada individu/keluarga pada pasien komprehensif RSGM
dengan membuat analisis factor risiko dan permasalahan perilaku.
|
1 hari
|
Logbook, portofolio
|
RSGM UMY (instruktur pembimbing)
|
d.
Mahasiswa membuat intervention mapping berdasarkan need assessment dan merencanakan
pembuatan
kegiatan inovatif kesehatan gigi dan mulut secara lengkap promotif/preventif pada pasien komprehensif.
|
1 hari
|
Logbook, Portofolio, media promotive/preventif
|
RSGM UMY (instruktur pembimbing)
|
e.
Mahasiswa melakukan Implementasi program inovatif promotive/preventif
pada pasien komprehensif RSGM.
|
5 hari
|
Logbook, foto kegiatan, media promotive/preventif,
portofolio
|
Tempat tinggal pasien
|
f.
Mahasiswa melakukan evaluasi program untuk melihat keberhasilan program
inovatif kegiatan promotif/preventif dari pasien
komprehensif RSGM
|
1 hari
|
|
Tempat tinggal pasien
|
3
|
Pembuatan media promotive di Klinik Pratama
a.
Mahasiswa membuat media promotive
berupa poster, dengan tema yang sesuai dengan 10 besar penyakit gigi dan
mulut di Klinik Pratama
|
1 hari
|
Logbook, media promotive/preventif
|
Klinik Pratama
|
4
|
Pembuatan case reflection berdasarkan data dari Klinik Pratama
a.
Mahasiswa melakukan observasi mengenai
data kunjungan pasien gigi, data penyakit gigi terbanyak, data tindakan gigi,
dan data jumlah peserta JKN di Klinik Pratama
b.
Mahasiswa membuat analisis
pengelolaan dana kapitasi berdasarkan data yang telah diperoleh di Klinik
Pratama
c.
Mahasiswa membuat analisis
pemanfaatan kunjungan gigi di Klinik Pratama
d.
Mahasiswa membuat analisis kendali
mutu dan kendali biaya di Klinik Pratama
|
1 hari
|
Logbook, portofolio
|
|
Keterangan:
1.
Observasi klinik pratama
Selama 12 hari kerja,
mahasiswa melakukan observasi di klinik pratama secara umum, mulai dari profil,
pelayanan, manajemen klinik pratama, dan kunjungan pasien di klinik pratama
termasuk di dalamnya observasi poli gigi serta data kunjungan pasien gigi.
Mahasiswa wajib mencatat setiap kegiatan yang dilakukan pada logbook modul
modul primary health care.
2.
Mencari pasien individu/keluarga
Mahasiswa mempersiapkan 1 pasien
komprehensif RSGM untuk dapat dilakukan program inovatif promotive/preventif.
Pemilihan pasien komprehensif RSGM harus mendapatkan persetujuan dari pasien
tersebut dan memperoleh acc dari PJ Modul melalui formulir
pendaftaran pasien program inovatif promotive/preventif.
3.
Persiapan Survei home visit pasien
komprehensif RSGM
Mahasiswa menyiapkan lembar yang diperlukan dalam survei (kuesioner, lembar
persetujuan, lembar observasi DMF-t/DEF-t, dan hal lain yang dibutuhkan). Semua
hal yang direncanakan untuk survei pasien komprehensif RSGM ditulis
dalam portofolio. Mahasiswa wajib berdiskusi dan meminta acc
instruktur pembimbing.
4.
Survei dan identifikasi permasalahan
kesehatan gigi dan mulut pada individu/keluarga pada
pasien komprehensif RSGM.
Mahasiswa melakukan survei ke lingkungan pasien komprehensif RSGM dan mengidentifikasi
permasalahan kesehatan gigi dan mulut pada individu/keluarga.
Mahasiswa melakukan survei dan melakukan screening gigi mulut pasien dan
keluarga dan mencari faktor risiko timbulnya penyakit gigi dan mulut. Kegiatan
survei didokumentasikan pada logbook yang ditandatangani oleh PJ kegiatan dan
menyertakan foto kegiatan, serta didokumentasikan dalam portfolio. Setelah
dilakukan survei, maka mahasiswa melakukan analisis factor risiko kesehatan
gigi dan mulut pasien problem perilaku yang terjadi pada pasien
komprehensif RSGM dengan menggunakan fish bone analysis atau
diagram pohon.
Note: Mahasiswa wajib mempersiapkan APD, alat bahan dan sterilisasi yang
baik, serta memiliki moral,etika dan kepribadian yang baik
dalam melakukan home visit ke pasien.
5.
Pembuatan intervention mapping dan
program inovatif
Mahasiswa
wajib membuat laporan perencanaan kegiatan inovatif
yang berisi intervention mapping berdasarkan need
assessment dari data yang telah diperoleh dan merencanakan serta membuat
program inovatif untuk memperbaiki kesehatan gigi dan mulut pasien.
Program didukung dengan pembuatan media, sehingga mahasiswa wajib membuat media
yang dapat berupa media visual atau audiovisual dan diberikan pada pasien saat
implementasi. Perencanaan kegiatan dibuat secara lengkap hingga evaluasi
program, target dan indikator keberhasilan, serta timeline kegiatan.
Laporan perencanaan program ditulis dengan ballpoint tinta biru dan
didokumentasikan dalam portofolio. Mahasiswa wajib berdiskusi dan meminta acc
instruktur sebelum pelaksanaan program.
6.
Implementasi program inovatif
Mahasiswa mengimplementasikan program inovatif (promotif/preventif) pada
individu/keluarga pasien
komprehensif RSGM selama 5 hari. Kegiatan implementasi program inovatif
didokumentasikan pada logbook yang ditandatangani oleh PJ kegiatan dan
menyertakan foto kegiatan, serta didokumentasikan dalam portofolio.
7.
Evaluasi kegiatan
Mahasiswa melakukan evaluasi program inovatif (promotif/preventif) pada individu/keluarga pasien
komprehensif RSGM. Pada kegiatan ini, mahasiswa juga diminta untuk melengkapi
portfolio yang telah disusun sebelumnya. Seluruh kegiatan yang dilakukan,
termasuk di dalamnya lampiran kegiatan seperti dokumentasi, informed
consent, lembar kuesioner, contoh program inovatif yang diberikan, lembar
penilaian, dan lain-lain juga dicantumkan di dalam portfolio.
8.
Pembuatan media promotive untuk Klinik Pratama
Mahasiswa membuat media promotif berupa poster, dengan tema yang sesuai dengan
10 besar penyakit gigi dan mulut di Klinik Pratama. Mahasiswa wajib berdiskusi
dan meminta acc instruktur terkait tema poster dan isi poster sebelum
diserahkan ke Klinik Pratama. Softcopy poster dilampirkan
dalam portofolio
9.
Pembuatan Case Reflection
o
Analisis Utilization review dan pengelolaan
dana kapitasi gigi
Mahasiswa berperan menjadi seorang dokter gigi
layanan primer yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Mahasiswa
mampu melakukan analisis kunjungan gigi di Klinik pratama berdasarkan
data kunjungan, penyakit maupun tindakan perawatan dan mampu menentukan
kategori utilisasi tersebut.
Mahasiswa
membuat contoh pengelolaan dana kapitasi selama 1 bulan dengan data jumlah
peserta, data kunjungan gigi, data diagnosis, dan tindakan perawatan gigi
diambil dari data pada klinik pratama Ketika observasi. Mahasiswa membuat rincian
pemasukan yang diterima dan pengeluaran dana (termasuk BMHP, jasa medis,
kegiatan promotif atau pengeluaran lainnya). Pengelolaan
dana yang dibuat tidak boleh sama antar mahasiswa.
o
Analisis kendali mutu dan kendali biaya di Klinik Pratama
Mahasiswa
mampu melakukan analisis terkait kendali mutu apa saja yang telah dilakukan di
klinik pratama. Mahasiswa juga mampu melakukan analisis terkait kendali biaya
apa saja yang telah dilakukan di klinik pratama. Mahasiswa mampu menggali
permasalahan pada kendali mutu dan kendali biaya di Klinik Pratama tersebut dan
menuangkan dalam pertanyaan kritis.
Keterangan:
Format case reflection pada poin
b:
1.
Deskriptif: Berisi deskripsi kasus/permasalahan
yang ada di Klinik Pratama terkait analisis kendali mutu dan kendali
biaya
2.
Feeling: Berisi hal-hal yang
dirasakan oleh mahasiswa sehingga memilih kasus yang ada di Klinik Pratama
(Kesesuaian dengan teori yang ada)
3.
Evaluasi: Berisi hasil evaluasi dari
kasus yang dapat berupa kekurangan atau kelebihan pada kasus
4.
Analisis: Berisi hasil analisis mahasiswa
terhadap kasus yang ada di Klinik Pratama
5.
Conclusion: Berisi
hal apa saja yang dipelajari oleh mahasiswa berdasarkan
kasus yang ada (lesson learning)
6.
Action Plan: Berisi
hal-hal perbaikan terhadap kasus yang direncanakan mahasiswa sebagai
tenaga kesehatan yang terkait (dokter gigi layanan primer)